Tahun Baru Islam 1438 Hijriah, Ribuan Pelajar di Ujungbatu Ikuti Pawai Sejuta Obor


Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1438 Hijriah/2016 Masehi, sebanyak tujuh riibuan pelajar dari berbagai tingkatan se Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (1/9/2016) malam mengikuti pawai sejuta obor. 

Pawai dimulai dari lapangan Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Ujungbatu menuju Masjid Syuhada Ujungbatu. Drum band serta mobil hias turut memeriahkan acara yang ditaja Upika Ujungbatu tersebut. 

Tampak hadir pada kesempatan itu, Camat Ujungbatu, El Bizri SSTP MSi, Kapolsek, AKP Kari Amsah Ritonga SIk SH, Danramil, Kapten Inf Sulaiman, Ketua LKA Ujungbatu, Datuk H A Hakam, sponsor utama kegiatan, Indra Gunawan alias Ujang Lurah, seganap anggota DPRD Rohul dapil IV, segenap kepala desa dan lurah serta official dan guru pendamping. 

Sesampai di lapangan serba guna dataran Masjid Syuhada Ujungbatu, para pelajar dan majelis juga melaksanakan kegiatan muhassabah yang dituntun oleh Ustad Yulihesman SAg. Kemudian,  dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba cabang Tilawah, Tahfizh, Pildacil, Bintang Kasidah, cerdas cermat dan pawai sejuta obor. 

Kapolsek Ujungbatu, AKP Kari Amsah Ritongan SIK SH dalam sambutannya mengaku sangat bahagia kegiatan pawai obor berjalan lancar, meskipun dirinya sempat merasa was-was akan keselamatan peserta pawai obor.

“Saya merasa behagia kegiatan ini berjalan lancer, 99 persen peserta sampai ke lokasi acara tanpa ada hambatan,” kata Kari Amsah Ritonga. 

Kedepan, Kapolsek K Ritonga berharap agar kegiatan yang sama dapat dilakukan secara berkesinambungan. Menurutnya, dengan kegiatan pawai obor maupun rangkaian kegiatan agama lainnya dilaksanakan dalam memperingati tahun baru Islam tersebut dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

“Dengan kegiatan ini, kami juga harapkan agar tercipta generasi muda yang handal, bermoral baik di sisi agama,” harap Kari Amsah Ritonga. 

Sementara itu, Pembina Masjid Syuhada Ujungbatu, Indra Gunawan yang akrab disapa Ujang Lurah merasa sangat terharu dengan antusiasme peserta yang mengikutin kegiatan pawai sejuta obor tersebut. 

“Meskipun baru tahun ini dilaksanakan, saya merasa terharu dengan semangat dan antusias dari masyarakat dan adik-adik pelajar mengikuti pawai sejuta obor. Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini lebih meriah lagi,” pintanya. 

Ujang Lurah yang dikenal dermawan ini juga meyakinkan masyarakat bahwa lokasi lapangan serba guna dataran Masjid Syuhada Ujungbatu tersebut dapat digunakan untuk kegiatan agama tanpa ada pungutan alias gratis. 

“Insya Allah, lapangan serba guna dataran Masjid Syuhada ini akan diresmikan puasa tahun depan. Dan akan mengundang ustad kondang dari Jakarta, Ustad Arifin Ilham,” janjinya. 

Camat Ujungbatu, El Bizri SSTP MSi di akhir sambutannya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum peringatan tahun baru Islam 1438 Hijriah tersebut untuk mengintropeksi diri ke jalan Allah SWT. 

“Mari kita jadikan momentum tahun baru Islam ini untuk mengintropeksi diri agar lebih baik. Dari yang belum baik menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik lagi,” ajaknya.***[sal]